Teknologi / Tips

Online Shop Palsu Kian Menjadi

Gambar

Teknologi dibuat kian maju untuk membuat kehidupan manusia kian mudah. Jual-beli online merupakan salah satu aktivitas yang memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi. Sayangnya, perkembangan penipuan berkedok toko online juga kian marak.

Internet memang berhasil membuat jarak, ruang dan waktu tak lagi menjadi penghalang. Perkembangan di dunia komunikasi cukup membuat internet tidak lagi menjadi barang mewah. Di tanah air penggunaan internet telah berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Perkembangan internet ini yang kemudian dibac a sebagai peluang untuk membuat bisnis toko online. Online shop berkembang dengan cukup baik, dalam waktu singkat toko online sudah menjamur di Indonesia. Cuaca yang tak menentu dan kondisi jalan yang seringkali macet membuat sebagian orang memilih untuk berbelanja secara online.

Namun, kemajuan pesat di bisnis online shop ternyata tak hanya memberikan dampak positif. Berbagai dampak negatif ikut serta dalam bisnis yang memanfaaatkana perkembangan teknologi komunikasi ini. Penipuan berkedok toko online menjadi salah satu tren yang juga marak di bisnis cyber tersebut.

Jumlah toko online yang diketahui palsu ataupun pernah melakukan penipuan berkembang pesat di tahun 2011. Ratusan bahkan ribuan toko online palsu yang menjual berbagai macam produk bahkan pernah dilansir dalam sebuah halaman komunitas online terbesar di tanah air.

Para penipu online ini juga kian canggih dalam melakukan modusnya. Pada awalnya, online shop palsu itu menjajakan dagangannya hanya memanfaatkan jejaring sosial maupun blog gratisan. Namun, kini mereka rela membuat sebuah domain dengan tampilan yang lebih rapi. Ini mungkin dilakukan demi menyakinkan calon korbannya agar bisa meraup untung lebih besar.

Kehadiran online shop palsu ternyata memberikan pengaruh yang cukup besar pada pendapatan toko online yang sebenarnya. “Pendapatan toko online saya menurun sampai 80 persen karena maraknya penipuan berkedok toko online,” ungkap Agus Pinus Cahya, pemilik toko online www.istanahp.com kepada telset.

Ia juga mengaku jadi lebih sering dicurigai oleh para calon pembelinya. Namun, kewaspadaan yang meningkat dari para pelanggan online shop itu dianggapnya wajar.

“Pembeli sekarang agak lebih rewel , mungkin karena tingkat kewaspadaan mereka meningkat akibat semakin banyaknya penipu berkedok online shop. Tapi pelanggan yang udah pernah belanja sama saya sih tinggal bayar aja,” tambah pria yang lebih dikenal sebagai Satria Pringgodani itu.

Belum ada sistem ideal

Ramainya jual beli online sepertinya masih belum diimbangi oleh regulasi yang memadai. Bahkan, tak sedikit online shop yang cukup berani menampilkan nomor surat ijin yang dikeluarkan oleh kementrian komunikasi dan informasi (Kemenkominfo).

“Rekening bersama sebenernya bisa jadi salah satu cara menghindari penipuan diselimuti toko online. Sayangnya, rekening bersama masih ribet banget,” ungkap Otong, personil grup Band Koil yang telah melakoni jual beli onlie sejak awal 1990-an.

Gambar

Hal ini diamini oleh Agus, lebih jauh pria ini berharap pemerintah membuat sebuah regulasi yang mengatur sistem jual beli online. Ia berharap dengan adanya regulasi dari pemerintah akan membuat dagang online lebih rapi dan aman.

Manfaatkan Sms Gateway

Toko online palsu belakangan ini ramai juga diketahui menggunakan sms gateway untuk mempromosikan toko mereka. Setiap harinya sms berisi iklan atas diskon dan promosi terbatas dikirimkan melalui pesan singkat ke nomor pengguna ponsel berbagai operator. Trik ini menyerupai sms ‘mama minta pulsa’ maupun ‘pacar dalam darurat’.

Namun, operator nampaknya telah memperbaiki sistem berkirim pesan singkat yang sering disalahgunakan. Penyedia layanan telekomunikasi telah memberikan pembatasan terhadap pengiriman pesan dari sebuah nomor dengan isi pesan yang sama.

“Sistem kami akan membatasi secara otomatis nomor yang melakukan pengiriman pesan yang sama sebanyak 500 kali dalam sehari,” ungkap seorang costumer service sebuah layanan operator yang enggan disebutkan identitasnya.

Akan tetapi, nomor khusus yang telah mengisi surat perjanjian maupun nomor corporate masih bisa diberikan akses oleh operator telekomunikasi. Langkah ini dilakukan oleh operator atas tindak lanjut dari berbagai penyalahgunaan layanan pesan singkat yang sebelumnya juga telah marak terjadi di Indonesia. Semoga saja langkah ini juga bisa membendung jumlah penipuan yang dilakukan oleh penipu berkedok online shop.

 

(Denny Mahardy)

Trik menghindari penipuan berkedok online shop ala Otong ‘KOIL’

–          Pilih toko online yang lokasinya dekat

–          Jangan tertipu dengan harga murah yang tidak reasonable

–          Web desain toko online palsu lebih terkesan berantakan atau seragam

–          Gunakan jasa rekening bersama untuk mengamankan dana kiriman

–          Prioritaskan penjual yang bisa diajak COD (cash on delivery)

–          Pilih toko rekomendasi rekan terpercaya dan berpengalaman

–          Jangan tertipu atas testimoni yang dipajang pada halaman toko online

–          Janga tergesa-gesa melakukan transaksi dengan online shop tanpa rekomendasi

Iklan

One thought on “Online Shop Palsu Kian Menjadi

  1. Sayangnya, rekening bersama masih ribet banget, pernyataan itu bersifat relatif. bisa saya jelaskan di sini bahwa ada 2 jenis pembayaran basic dalam dunia online diantaranya :
    1. payment gateway biasa dipakai pada transaksi yang bersifat B2C/B2B.
    misalkan jika membeli barang pada situs blibli.com maka payment yang cocok digunakan diantaranya kas pay,do ku, klikbca,klikpaybca,clickpay mandiri dst. yang mana dana yang pembeli bayarkan akan masuk ke rek penjual, mengapa? krn tingkat kepercayaan pada B2C lebih tinggi dari namanya tindakan penipuan.
    2. Escrow payment yang di Indonesia dikenal dengan nama rekber ini lebih cocok digunakan pada transaksi C2C.
    Tingkat keamanan dan kepercayaan pada c2c ini lebih rendah dikarenakan penjual adalah bersifat perorangan yang menjual barang pada situs-situs marketplace seperti tokobagus atau forumjualbeli serta online shop yang kita sulit untuk mengenal jelas itu asli atau palsu. Disinilah fungsi sistem escrow, yang mana memiliki tahap2 prosedure salah satunya bahwa Proses pembayaran kepada penjual akan dilakukan setelah pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang.

    Mengingat banyaknya pelaku transaksi C2C di indonesia maka escrow payment sangat di butuhkan untuk menjamin transaksi itu berjalan dengan lancar dari pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kondisi tersebut.

    Semoga informasi itu sangat bermanfaat bagi siapa saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s