Teknologi

Terbaru Di iOS 4.3

Sistem operasi terbaru milik Apple Inc telah resmi dirilis 11 Maret lalu. Apa saja yang terbaru dalam sistem operasi iOS 4.3 yang diberikan Apple Inc?

 Apple Inc mengabarkan kepada publik akan meluncurkan sistem operasi terbarunya iOS 4.3 di saat yang bersamaan dengan launching iPad 2 (2/3). Sistem operasi tersebut diklaim memberikan berbagai kelebihan terbaru yang tidak dimiliki sistem operasi pendahulunya. Kompatibilitas yang semakin maju dalam berkomunikasi ditawarkan oleh iOS 4.3. adanya beberapa aplikasi terbaru yang bisa digunakan dalam sistem operasi ini seakan membuat banyak orang penasaran.

iOS 4.3 bisa digunakan pada iPod Touch 4G, iPhone 3G, iPhone generasi ke 4, dan iPad. Namun, aplikasi Facetime hanya bisa digunakan pada iPad 2 yang sudah dilengkapi 2 buah kamera. Face time memungkinkan penggunanya untuk melakukan video calling dengan pengguna produk Apple lainnya.

Sebenarnya tak banyak yang berbeda dari sistem operasi 4.3 dengan pendahulunya. Beberapa perbaikan pada sistem operasi ini diakui telah dilakukan oleh Apple Inc yang membidani lahirnya iOS 4.3. iTunes dan Airplay yang lebih baik bisa kita temukan pada sistem operasi iOS 4.3. Fitur home share yang mempermudah pengguna untuk memutar media dari PC maupun Mac. Home share membuat kita bisa menikmati fitu multimedia tanpa harus meng-copy lagu maupun video ke dalam iPad, iPhone maupun iPod Touch.

Beberapa tes telah dilakukan pada sistem operasi 4.3. Pada iPod dan iPad tampaknya stabil. Itu jelas membuktikan home sharing dapat memutar langsung file multimedia tanpa meng-copynya. Hal tersebut membuka potensi iOS untuk menjadi platform terkemuka untuk pemutaran media.

Airplay pada versi ini pun dibuat lebih baik dibandingkan yang ditanamkan pada sistem operasi Apple sebelumnya. AirPrint masih setengah matang, bekerja dengan hanya rentang yang sangat terbatas printer. Sayang Apple tidak memungkinkan Anda untuk mencetak ke printer jaringan bersama.

Adanya fitur Photo Booth pada iOS 4.3 menambahkan sedikit hiburan bagi anda yang menyukai kegiatan edit foto. Kegiatan mengedit foto lebih menyenangkan dengan aplikasi ini. Photo Booth memang dibuat agar penggunanya lebih mudah dalam mengoperasikannya.

Selain itu, perbaikan pada browser Safari yang dijadikan fitur browser pada perangkat milik Apple kini bekerja lebih baik pada iOS 4.3. Beberapa tweak dilakukan untuk membuatnya lebih cepat. Safari kini memiliki kinerja JavaScript yang terasa lebih cepat. Hal itu akan sangat berguna untuk perangkat ketika membuka konten web JavaScript yang lumayan berat.

Terakhir dari pembaruan utama dalam iOS 4.3 adalah hotspot pribadi. Fitur yang bisa di sematkan hanya pada iPhone 4 ini memungkinkan perangkat untuk bertindak sebagai router Wi-Fi untuk perangkat lain. Walaupun baru 5 unit yang bisa memanfaatkan WiFi dari iPhone 4 tersebut, tiga melalui Wi-Fi dan dua lagi menggunakan usb dan bluetooth.

Sayangnya, rilis dari generasi pertama iOS 4.3 tersebut masih memiliki beberapa kekurangan. Ada beberapa aplikasi yang ketika dijalankan pada beberapa perangkat yang dinyatakan kompatibel ternyata masih mengakibatkan eror. Ada pula aplikasi yang tidak bisa bejalan optimal. Kalangan pecinta produk Apple berharap versi berikutnya dari iOS 4.3 akan membawa perbaikan yang jauh lebih baik.


Beberapa Masalah Setelah Instalasi iOS 4.3

iOS 4.3 yang diinstal pada iPod Touch generasi ke-4 kemungkinan  bisa berjalan lancar. Namun, ada laporan yang menunjukkan beberapa pemilik iPod Touch mendapat gangguan grafis setelah memperbarui ke versi IOS terbaru. pemberitahuan menunjukkan kotak biru menunjukkan pemberitahuan adanya gangguan grafis.

(Denny)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s