Teknologi

Blackberry Murah Alternatif Memiliki Smartphone

Smartphone alias ponsel cerdas kian digandrungi di Indonesia. Jenis, merk dan tipe yang kian beragam memperlihatkan pasar pengguna ponsel cerdas tumbuh subur di tanah air. Blackberry, salah satu produsen yang berhasil menarik minat pasar pengguna ponsel cerdas Indonesia.

Perkembangan jumlah pengguna layanan BlackBerry (BB) meningkat drastis pada tahun 2010 hampir 3 kali lipat dari tahun 2009. Lebih dari dua juta orang menggunakan layanan Blackberry akhir tahun 2010, meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya yang hanya tujuh ratus ribuan pengguna.

Distribusi BlackBerry yang menggunakan operator dengan sistem bundling maupun dengan menunjuk distributor resmi untuk sistem penjualan retail. Di Indonesia operator ada 6 operator yang menjual BB dengan bundling yaitu, Telkomsel, Indosat, Axis, Tri, XL dan Smartfren. Sedangkan untuk penjualan melalui retail melalui Teletama Arta Mandiri (TAM), Comtech dan Selullar Shop.

Blackberry yang awalnya digunakan untuk kalangan pebisnis karena memiliki fitur push email untuk mempermudah pekerjaannya. Tetapi kini BB sudah digunakan pula oleh masyarakat umum. Booming sosial media di tanah air membuat BB dengan cepat merambah ke kalangan menengah ke bawah. BB memang dilengkapi pula dengan kemudahan dalam menjelajah dunia internet, sosial media salah satunya.

 

Fenomena Penjualan BlackBerry

Model smartphone BlackBerry lebih mengikuti perkembangan mode menjadi salah satu alasan BB diminati di tanah air. Saat ini, pengguna BlackBerry di Indonesia telah merambah ke semua kalangan. Berbeda dengan negara lain yang lebih banyak digunakan oleh kalangan pebisnis. Model keypad QWERTY yang selalu ada pada setiap spesifikasi BlackBerry ternyata lebih digemari di pasar Indonesia.

Harga BlackBerry lebih bervariasi dan tersedia untuk semua segmen menjadi salah satu pendongkrak angka penjualan BB. Misalnya seri BlackBerry Torch 9800 yang membidik kalangan menengah atas dan seri BlackBerry Curve di kalangan menengah ke bawah. BlackBerry Curve 8520 yang biasa dikenal Gemini misalnya, dibuat RIM untuk bisa menggaet kalangan menengah bawah.

Peminat BB yang saat ini bisa mendapatkan ponsel cerdas tersebut dengan jalur black market (BM), dengan harga lebih murah tentunya. Selain itu, pada pasar BM ada pula BB tipe lama yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

BlackBerry tipe lama dengan kompatibilitas yang lumayan bagus pun bisa menjadi alternatif. Bila anda ingin menjual BB tipe lama tersebut bisa mendapatkannya dengan mengikuti lelang di beberapa negara, Amerika salah satunya.

Bila anda ingin mencoba mengikuti lelang BB tersebut sediakan saja deposit uang minimal 2.000 USD. Pembelian dalam lelang tersebut dibatasi minimal 20 unit. Tak usah khawatir dana tersebut hilang bila tidak mendapatkan barang dalam proses lelang. Dana deposit tersebut hanyalah sebagai bukti bahwa kita memang serius dan mampu membayar barang yang kita dapatkan dalam lelang.

Lee, salah seorang penjual BB via forum jual beli online biasa mendapatkan unit BB dagangannya dengan cara lelang tersebut. Ia sengaja ikut lelang penjualan BB di Amerika, barang hasil menang lelang dijual kembali di Indonesia dengan harga miring. Lee kini memiliki beberapa reseller di daerah. Dalam sebulan ia bisa menjual lebih dari 100 unit BB berbagai tipe.

Masyarakat awam di daerah kebanyakan menjadi pasar yang baik dalam menjual BB murah tersebut. Lee mengakui sebagian besar konsumennya berasal dari luar Jakarta bahkan luar pulau jawa.

“Kebanyakan costumer gue dari luar Jakarta. Mereka yang di daerah lebih bagus jadi pemasaran BB murah. Gak sedikit orang yang pengen banget punya BB tapi uangnya masih terbatas, biasanya mereka minta kredit. Masalahnya gue penjual bukan tukang kredit,” seloroh Lee ketika ditemui Telset.

Berbagai ponsel pintar keluaran produsen lainnya berdesakkan membanjiri pasar ponsel Indonesia tahun ini. Akan tetapi, Lee masih yakin pasar pengguna BB  masih akan tetap berkembang sepanjang tahun ini.

 

Jangan Tertipu!

Harga murah kadang membuat kita gelap mata. Ketika ingin membeli BlackBerry murah kita harus selain BB bekas dan baru dari luar negeri di pasaran banyak juga beredar BB rekondisi. Harga yang sangat miring menjadi jurus pemikat bagi orang-orang awam yang kebelet memiliki BB. Barang-barang rekondisi tersebut bisa ditemukan di beberapa pusat penjualan telepon selular.

Tak jarang calon pembeli tak diberikan pengetahuan resiko membeli BB rekondisi. Bahkan, ada penjual nakal yang tak menyebutkan barang dagangannya itu adalah barang rekondisi yang menyimpan resiko yang sangat merugikan pemakainya.

[Denny Mahardy]

Iklan

2 thoughts on “Blackberry Murah Alternatif Memiliki Smartphone

  1. Mas Denny,

    Benar sekali artikel mas ini.
    Blackberry di luar negeri karena merupakan handphone corporate dan biasanya diberikan oleh perusahaan secara gratis. dan setiap 2 tahun sekali akan di ganti yang baru karena system kontrak di sono.

    nah,
    pada saat bb bekas ini tidak dipakai lagi, biasanya di jual sangat murah.
    type top-of-the-line 2 tahun lalu sekitar US$ 30 – US$ 50.
    type top-of-the-line 1 tahun lalu sekitar US$ 100an.
    dan top-of-the-line terbaru biasanya kurang dari US$ 200.

    hp2 ini masuk ke indonesia lalu di recondisi (ganti casing dan keypad)
    lalu di jual mendekati harga baru.

    ini yang menyebabkan banyak penjual di roxy mas dan toko hp lainya yang menganjurkan bb.
    karena dengan BB mereka bisa mendapatkan profit yang besar dengan menipu masyarakat.

    salam dari blog tetangga:
    http://ponselexpert.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s