Teknologi

Tablet PC Mulai Banjiri Pasar

Demam tablet PC menggantikan demam handphone qwerty maupun netbook yang beberapa waktu lalu menyerang pasar pengguna teknologi komunikasi di Indonesia. Demam tablet pc tersebut juga merambah di kalangan produsen teknologi informasi. Bahkan, tak hanya produsen yang telah dikenal sebagai pembuat gadget canggih yang memproduksi alat canggih tersebut. Beberapa produsen lokal pun turut serta memenuhi daftar tablet pc yang beredar di pasaran.

Pada 2010 lalu sekurang-kurangnya ada 3 produsen lokal yang turut andil memproduksi tablet PC. Zyrex, Axioo dan Blueberry merupakan merk lokal yang telah mengeluarkan produk tabletnya di tahun 2010. Sistem operasi android yang ditanam dalam perangkat tersebut membuat produk-produk tersebut layak untuk dipertimbangkan. Belum lagi harga miring yang ditawarkan diharapkan bisa mengalihkan perhatian pasar dari iPad, tablet PC besutan Apple Inc.

Tren android maupun tablet pc layaknya buah yang sedang musim dan harus dipetik segera sebelum membusuk. Hampir semua produsen kini berlomba-lomba membuat produk tablet pc yang bisa ditanami android. Apalagi google belum lama ini meluncurkan sistem operasi Android 3.0 dengan sebutan Honeycomb dengan berbagai kelebihan barunya.

Namun, persaingan produsen tablet pc di tahun 2010 seakan tak berimbang. Kesuksesan iPad tidak dapat dibendung oleh produk merk lokal tersebut. iPad generasi pertama berhasil meraup 90% dari jumlah pasar pengguna tablet pc. Tahun ini produsen lokal semakin banyak yang juga ingin mencicipi keuntungan dari tablet pc. Hal tersebut membuka peluang harga tablet pc akan semakin  terjangkau oleh semua kalangan. Semoga saja.

 [Denny Mahardy]

Pernah dimuat di telsetnews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s