Kesehatan

Menu Diet Anda Tahun Ini

Beberapa jenis diet sulit dipertahankan karena hanya fokus pada menu makanan yang sama.

Menjalankan diet biasanya mudah pada pekan pertama. Namun, apakah Anda bisa mempertahankannya hingga akhir tahun? Beberapa jenis diet sulit dipertahankan, karena hanya fokus pada konsumsi makanan yang sama terus-menerus, bukan pada konsumsi makanan sehat secara variatif. Makan yang manis-manis sesekali boleh-boleh saja, asalkan konsumsi utama Anda sepanjang hari tetap makanan bergizi seperti sayur dan buah segar, gandum, dan protein kompleks.

Pada malam pertama tahun baru ini, mulailah diet Anda dengan rencana yang dapat ditepati sampai akhir tahun.

Pertama, buat daftar makanan sehat yang Anda suka. Mungkin dapat dimasukkan paprika, kacang-kacangan, buncis, keju rendah lemak, bayam, alpukat, timun, kacang kapri, dan bit.

Simpan daftar itu sebagai menu makanan di rumah setiap waktu. Setidaknya masukkan salah satu dari bahan-bahan tersebut pada setiap hidangan, sehingga Anda akan tertarik memakan hidangan tersebut.

Kedua, konsumsi pasta dan roti, tetapi yang terbuat dari tepung gandum, sebagai pengganti asupan karbohidrat. Dengan asupan karbohidrat yang kompleks dapat menjadi bahan bakar yang menghasilkan energi tahan lama.

Selain itu, bisa mencoba menu dari makanan laut, sepanjang dimakan dengan kombinasi tepung gandum.

Ketiga, simpan dalam rumah, stok makanan kecil dan penutup yang sehat. Jika merasa lapar tengah hari, seseorang cenderung pergi keluar dan membeli makanan cepat saji atau sekantong keripik.

Tetapi, jika di rumah memiliki stok makanan yang dapat dimakan seperti  kue kering dari gandum, steak dari wortel, biskuit gandum, keju rendah lemak, anggur, dan buah beku, Anda dapat memulai diet baru pada hari pertama Januari.

Keempat, buang semua minyak sayur, lemak, dan kurangi penggunaannya dengan mengganti dengan minyak olive. Minyak olive memang lebih mahal dibanding minyak sayur. Namun, kandungan lemak rendahnya lebih banyak.

Berdasarkan penelitian Mayo Clinic, minyak olive dapat mencegah penyakit hati jika dikonsumsi dua sendok makan dalam sehari.

Kelima, kurangi pilihan makanan jenis daging dan ikan yang berlebihan untuk diet. Pilih ikan  seperti salmon, albacore tuna, dan ikan sarden yang mengandung omega-3 asam lemak. Ikan jenis ini dapat  meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung.

Konsumsi ikan jenis tersebut dua kali sepekan. Selain itu, konsumsi makanan mengandung  protein lain seperti buncis, kacang kedelai hitam, ramping ayam, serta kalkun sebagai pengganti ayam dan daging yang mengandung lemak jenuh lebih tinggi, seperti daging sapi.

 

Sumber : www.vivanews.com

 

Iklan

One thought on “Menu Diet Anda Tahun Ini

  1. Ping-balik: Tweets that mention Menu Diet Anda Tahun Ini « Denny Mahardy’s Publisher -- Topsy.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s