Kesehatan

Diet Bagi Penderita Maag

Diet bagi bebeapa kalangan merupakan hal yang perlu dilakukan, terlebih para kaum hawa. Bagaimana diet untuk penderita mag???

 

Meski menderita gangguan lambung, prinsip diet untuk menurunkan berat badan tetaplah sama, yaitu makan teratur dan mengurangi asupan lemak (minyak). Berat badan ideal dapat dicapai dalam beberapa tahap. Tahap pertama, Anda cukup menurunkan berat badan sekitar 5-10% dari berat badan yang sekarang. Setelah tercapai, barulah membuat target selanjutnya dengan penurunan berat yang sama jumlahnya.

 

Makan dengan jarak yang teratur adalah prinsip utama. Makanlah setiap 3 jam, sementara itu pengobatan untuk penyakit maag tetap dijalankan. Jangan pernah membiarkan perut Anda terlalu lama kosong. Tidak masalah sebenarnya, bila Anda dapat membagi porsi besar makanan Anda menjadi beberapa porsi kecil. Artinya Anda boleh makan beberapa kali sehari asalkan dalam porsi setengah atau sepertiga dari porsi yang biasa Anda makan.

 

Makan dan mengunyah makanan dapat memacu pembakaran kalori. Inilah yang disebut efek termik (panas) makan. Jika makan makanan porsi kecil setiap tiga jam (total lima atau enam porsi kecil per hari), Anda akan membakar kalori 10% lebih banyak per hari daripada jika menyantap dua atau tiga porsi besar.

 

Penderita gangguan lambung juga harus menghindari makanan yang merangsang asam lambung, seperti terlalu pedas, asam, asin, terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin. Makanan yang menimbulkan gas, seperti nangka dan durian, juga perlu dihindari.

 

Ganti camilan dengan buah-buahan segar yang tidak asam. Minum susu nonfat tanpa gula atau teh hangat, juga tanpa gula. Sebagai teman minum teh, Anda boleh juga memilih biskuit crackers sebanyak 3 lembar. Di samping mengurangi makan, cobalah teratur berlatih olahraga aerobik, misalnya jalan kaki setengah jam sehari.

 

Sumber : http://www.vivanews.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s