Kesehatan

Aroma Makanan Bisa Bikin Langsing?


Beberapa aroma makanan ternyata bisa jadi terapi untuk
mengatasi kegemukan dan obesitas.


Aroma makanan ternyata bisa dijadikan terapi untuk mencegah dan mengatasi kegemukan atau obesitas. Hal itu menurut tim peneliti dari NIZO Food Research di Ede, Belanda.

Saat menghirup aroma makanan yang sedap, nafsu makan pasti akan muncul dan meningkat. Aroma sedap makanan memang sering memicu keinginan untuk makan padahal perut sudah dalam keadaan kenyang. Tetapi melalui penelitian diketahui molekul makanan yang membuat aroma sedap pada makanan bisa mengaktifkan area pada otak yang memicu rasa kenyang.

Penelitian menemukan saat seseorang mengunyah makanan, aromanya masuk ke bagian belakang hidung dari mulut untuk membantu menghilangkan rasa lapar. Aroma tersebut bisa menghilangkan rasa lapar karena mengaktifkan area otak yang memicu rasa kenyang.

“Hasil penelitian sebenarnya tidak diperkirakan sebelumnya. Beberapa aroma makanan ternyata bisa membuat orang kenyang lebih cepat,” kata kepala peneliti bidang teknologi pangan, NIZO Food Research, Rianne Ruijschop, seperti VIVAnews kutip dari MSNBC.

Aroma yang kompleks yang terdiri dari banyak komponen, baik lemak, karbohidrat, protein dan mineral dan beragam nutrisi membuat rasa kenyang yang lebih cepat dan mampu bertahan lama. Kemungkinan besar aroma kompleks ini mengaktifkan area pada otak yang memicu rasa kenyang secara maksimal.

Pada percobaan, peneliti juga memodifikasi jumlah dan variasi makanan. Hasilnya menunjukkan seseorang yang membuat banyak masakan akan menghirup banyak aroma akan lebih cepat merasa kenyang. Ruijschop mengungkapkan dengan memberikan aroma tertentu pada seseorang, jumlah makanan yang dikonsumsi bisa berkurang sebanyak 10%. Hal ini menurut Ruijschop, bisa dikembangkan menjadi terapi untuk mengontrol nafsu makan.

Sumber : www.vivanews.com

Iklan

One thought on “Aroma Makanan Bisa Bikin Langsing?

  1. Ping-balik: Tweets that mention Aroma Makanan Bisa Bikin Langsing? « Denny Mahardy’s Publisher -- Topsy.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s