Kesehatan

Makan Malam Bisa Bikin Langsing?

Ada caranya agar makan malam tidak mengganggu program diet, dan bisa menjaga berat ideal

Selama ini, ada anggapan melewatkan makan malam bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan secara drastis. Namun, ternyata ada caranya agar makan malam tidak mengganggu program diet Anda, bahkan bisa menjaga berat badan ideal.

Sebuah studi baru-baru ini dirilis Harvard Medical School melaporkan, menjalani makan malam bersama keluarga cenderung membuat membantu menurunkan berat badan sekitar dari 15 persen. Bagaimana bisa?

Saat ini, menurut sebuah Jurnal, kurang dari sepertiga dari semua anak di AS tidak lagi menjalani makan malam bersama kedua orangtuanya. Salah satu penyebabnya, makin padatnya kesibukan kerja para orangtua.

Keadaan inilah yang membuat orangtua tidak lagi memperhatikan asupan keluarga di malam hari. Anda atau anak-anak mungkin akan lebih memilih menyantap makanan cepat saji, junk food atau mie instan yang lebih praktis dan gampang dibuat. Itulah yang membuat bobot tubuh mudah melambung.

Selain itu, ada keuntungan lain dari makan malam bersama. Saat Anda, pasangan, dan anak-anak duduk di satu meja, makan dan ngobrol, bisa menambah kedekatan anggota keluarga. Cara ini bisa jadi jalan keluar untuk memperbaiki kondisi keluarga yang sedang tidak harmonis.

Studi lain dari Universitas Columbia, AS, menemukan, “Remaja dari keluarga yang hampir tidak pernah makan malam bersama, 72 persen lebih sering menggunakan narkoba, obat-obatan terlarang, rokok dan alkohol dari remaja yang sering melakukan ritual makan malam bersama.”

Laporan dari studi yang sama juga menyatakan, remaja yang makan malam bersama orangtua  kurang dari tiga kali seminggu lebih cenderung tertarik untuk merokok dan minum alkohol daripada remaja yang makan malam dengan orangtua enam kali seminggu.

 

Sumber : www.vivanews.com

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s