Iseng

STOP KONSUMTIF SELAMATKAN BUMI

Kondisi bumi sudah sangat mengenaskan jika kita lihat dari berbagai data yang diperlihatkan oleh aktivis lingkungan hidup. Kerusakan bumi bukanlah hanya akibat efek rumah kaca akan tetapi juga dari limbah yang dihasilkan dari kegiatan manusia.
Limbah hasil perbuatan manusia terus bertambah. Berbagai polusi dihasilkan manusia tiap harinya. Akan tetapi, manusia seakan tidak sadar bahwa hampir di semua barang konsumsinya terdapat limbah yang merusak lingkungan.
Manusia mengkonsumsi kebutuhan merupakan hak dasarnya. Akan tetapi, lain halnya jika sudah menjadi berperilaku konsumtif. Disadari ataupun tidak budaya konsumsi berlebihan ini adalah salah satu donatur kerusakan bumi paling produktif. Sebut saja limbah dari bahan plastik yang digunakan oleh manusia. Plastik menjadi bahan dasar yang utama untuk membuat kemasan barang konsumsi. Seperti banyak kita tahu tanah sangat sulit untuk mengurai plastik.
Contoh lainnya adalah kendaraan bermotor yang menghasilkan gas perusak ozon. Tidak bisa dipungkiri kendaraan bermotor menjadi alat transportasi utama dalam aktivitas manusia. Pola hidup konsumtif pula yang membuat orang lebih memilih memiliki bahkan mengendarainya sendiri dibandingkan bersama. Kebiasaan ini mengakibatkan jumlahnya kian bertambah disetiap harinya. Otomatis jumlah polusi yang dihasilkannya pun bertambah.
Tidak hanya itu, masih banyak lagi barang yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-harinya merusak lingkungan. Telepon selular, oven, kulkas dan banyak alat elektronik lainnya yang turut andil menyumbang kerusakan bumi.
Agaknya terlalu banyak sumbangsih manusia dalam merusak alam. Sudah saatnya kita lebih berhemat dalam mengkonsumsi. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Menggunakan barang yang bisa dipakai berulang kali, mematikan listrik ataupun mengoperasikan alat elektronik ketika memang sangat diperlukan, ataupun lebih memilih kendaraan umum dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Hal-hal tersebut sangat ringan dilakukan akan tetapi akan membawa perubahan yang sangat besar jika dilakukan secara massal. Kurangi konsumsi untuk kehidupan yang lebih baik.

Denny Mahardy

Iklan

2 thoughts on “STOP KONSUMTIF SELAMATKAN BUMI

  1. jamane jaman edan
    ora ngedan ora keduman
    ada satu rasa sirik saat kita tergopoh2 utk back to nature sementara di lingkungan keseharian kita terdapat banyak bentuk pengrusakan alam oleh manusia kelas kambing yang tidak bisa kita cegah.
    salam

    • maka dari itu..tanggung jawab atas perbaikan lingkungan bukan hanya pada sebagian pihak melainkan pada semua orang yang merasa hidup di atas bumi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s